Behind sekolahalam minangkabau

Filosofi…

Ada dua filosofi yang menjadi pondasi eksistensi sekolahalam minangkabau:

ALAM TAKAMBANG JADI GURU
Bahwa Allah SWT memberikan alam dan segala keunikan isinya lengkap dengan bahan-bahan pembelajaran hidup yang tiada habis untuk dijelajahi, maka Alam Semesta merupakan ruang kelas, fasilitas yang paling mahal yang dimiliki sekolahalam minangkabau.

ADAT BASANDI SYARAK, SYARAK BASANDI KITABULLAH
Masyarakat Minangkabau sangat kental dengan ke-Islamannya, hingga menjadikan Al-Qur’an sebagai panduan hidup mereka. Segala sesuatu yang ada di dunia, dari yang besar atau yang sedetail mungkin, yang sepele hingga yang filosofis atau ilmiah, semuanya ada di dalam Al-Qur’an. Maka dari itu, sangat penting untuk mempertahankan filosofi ini terhadap generasi penerus Minangkabau agar dapat menjadi pembelajar sepanjang hayat yang selalu menjadikan Al-Qur’an sebagai “life manual book” mereka.  

Visi…

1. ME”MANUSIA”KAN MANUSIA dengan mengembalikannya pada tujuan penciptaanNya, yaitu sebagai KHALIFAH (pemimpin).
Tujuan dari penciptaan manusia adalah sebagai Khalifah (pemimpin), minimal dapat memimpin dirinya sendiri. Untuk itu dibutuhkan kaidah hidup yang mencakup ketakwaan, logika dan kepemimpinan.

2. DARI SATU BUMI KE SATU DUNIA
Manusia dari dulu hingga sekarang hidup dalam satu Bumi, tetapi di berbagai Dunia: dunia si miskin, dunia si kaya, dunia si pintar, dunia si terhormat, dunia si benar, dunia si jahat, dan lain sebagainya. Dengan adanya banyak dunia ini menimbulkan banyak perpecahan, dimana Dunia satu tidak pernah menenggang Dunia yang lainnya dan sebaliknya. Sudah seharusnya manusia mulai menghargai segala keragaman isi dari Bumi untuk saling mengisi dan berbagi sehingga Bumi dapat dibagi sama rata untuk kemaslahatan bersama, dan itu dapat dimulai di sekolahalam minangkabau.. (Amieenn..)

Misi…

1. Mendampingi setiap anak manusia untuk menjadi “Pemimpin” di muka bumi dan menebar “Rahmat” bagi semua.

2. Membangun sebuah model peradaban manusia yang tertuang pada pencapaian nilai-nilai kehidupan baru dan pola perilaku yang baru.

3. Menghadirkan manfaat bagi sesama dan lingkungan, mampu memberikan inspirasi tentang pembelajaran teladan kebaikan sehingga tercipta suasana penuh dengan kebaikan yang diharapkan mampu menularkannya ke sesama.

Prinsip Dasar…

1. Education for All
Pendidikan untuk semua, tanpa memandang siapa orangnya, darimana asalnya, dari suku apa, agama apa, dan lain sebagainya.
Pendidikan untuk semua, bukan hanya siswa tetapi juga seluruh fasilitator, staf, orang tua, keluarga dan lingkungan juga ikut belajar.
Pendidikan untuk semua, tanpa membebani orang tua dengan beban yang sangat berat karena sekolahalam minangkabau mempunyai tujuan membantu orang tua untuk memberikan pendidikan yang berkualitas untuk anak-anak mereka, sehingga semua orang mempunyai kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

2. School: Fun Place to Be..
Sekolah: tempat yang menyenangkan, karena tidak ada paksaan untuk anak menjadi pribadi yang lain karena kami menghargai bahwa setiap anak mempunyai keunikannya masing-masing.
Sekolah: tempat yang menyenangkan, karena tidak ada paksaan untuk anak mendapatkan beban pelajaran yang berat karena kami menghargai bahwa perhatian anak-anak juga dibutuhkan di tempat lain selain sekolah.
Sekolah: tempat yang menyenangkan, sehingga anak-anak dengan senang hati pergi ke sekolah atas kemauannya sendiri, tanpa ada paksaan dari manapun, dan terbangunlah pembelajar-pembelajar sepanjang hayat.

4 thoughts on “Behind sekolahalam minangkabau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s