Filosofi nama sekolahalam minangkabau

Dibalik nama Sekolahalam Minangkabau ternyata ada filosofinya. Tulisan Sekolahalam Minangkabau seharusnya sekolahalam minangkabau, dimana semua hurufnya harus sama besar, kecil ya kecil atau besar ya besar. Persamaan ukuran dalam tulisan mempunyai arti bahwa di sekolahalam minangkabau semua orang dipandang sama, tidak ada pelabelan: tidak ada yang pintar, bodoh, kaya, miskin, dan lain sebagainya. Kalau dihubungkan dengan filosofi sekolahalam minangkabau yang berbasiskan Al-Qur’an, maka sama seperti Allah SWT memandang bahwa semua manusia itu sama, tanpa embel-embel duniawi.

sekolahalam, merupakan 2 kata yang tergabung jadi satu: bukan sekolah alam.
Hari gini, definisi sekolah, alam, masyarakat merupakan satuan-satuan yang berbeda yang tidak mempunyai hubungan apa-apa. Alam selalu identik dengan hutan, gunung, pantai, dan berbagai fitur alamiah dan sekolah merupakan sebuah lembaga independen yang bertugas memberikan pendidikan kepada anak-anak manusia.
Tetapi di sekolahalam, alam merupakan segala sesuatu yang diberikan Allah SWT secara langsung, seperti alam yang terdefinisi sebelumnya, dan segala sesuatu yang diberikan Allah SWT melalui manusia. Jadi alam di dalam sekolahalam adalah hutan, gunung, pantai, kota, desa, masyarakat, atau yang lebih familiar disebut sebagai lingkungan. Dan sekolah merupakan sebuah lembaga pendidikan yang membantu para orang tua untuk mendidik anak-anak mereka. Sekolah bukanlah sebuah lembaga yang bisa berdiri secara independen karena bagaimana pun juga lingkungan juga memberikan pendidikan secara tidak langsung terhadap anak-anak. Maka di dalam sekolahalam sekolah dan lingkungan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan karena sama-sama mempunyai pengaruh yang besar dalam perkembangan seorang anak.

Minangkabau dalam sekolahalam minangkabau diartikan sebagai ranah Minang, seperti halnya sekolahalam-sekolahalam yang lain yang selalu teridentifikasi melalui nama-nama kota dibelakangnya. Dipakainya kata Minangakbau dikarenakan sekolahalam minangkabau merupakan sekolahalam pertama di Sumatera Barat.

Sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa sekolahalam minangkabau adalah sebuah sekolah berbasis masyarakat untuk semua manusia yang berada di ranah Minangkabau.

3 thoughts on “Filosofi nama sekolahalam minangkabau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s