Cerita diawal sekolah

Sekolahalam Minangkabau berdiri dibawah naungan Yayasan Pelita Aksara, sebuah yayasan keluarga yang didirikan oleh Miya Maharani. Pembinanya adalah dr. Sawitri Chaernaliza Syahrul, MSi dengan ketuanya Ir. Sandi Purnawan. Yayasan Pelita Aksara sendiri berdiri pada awal tahun 2005.

Yayasan Pelita Aksara memulai keaktifannya di kancah pendidikan pada awal berdiri dengan membuka sebuah Tempat Penitipan Anak yang bernama Pelita Aksara Child Care & Education. Sebagai pengembangan, child care ini dirubah menjadi Sekolahalam Minangkabau yang memberikan pelayanan pendidikan mulai dari TK hingga kelas 1 SD.

Pada awal eksistensinya, hanya 3 orangtua yang mendaftarkan anaknya untuk bersekolah di Sekolahalam Minangkabau. Akhirnya Sekolahalam Minangkabau, yang pada awalnya melihat pendidikan Sekolahalam merupakan bisnis pendidikan yang paling mutakhir, merubah keyakinannya bahwa pendidikan adalah sebuah bisnis yang menguntungkan menjadi sebuah usaha kemanusiaan yang tidak bisa dihargai dengan sejumlah uang. Maka dari itu, terjadilah perekrutan anak-anak yang berasal dari keluarga tidak mampu untuk bersekolah di Sekolahalam Minangkabau. Setelah melakukan riset kecil, maka terkumpullah sekitar 45 anak-anak tidak mampu untuk disekolahkan.

Maka 48 anak-anak ini merupakan angkatan pioneer di Sekolahalam Minangkabau dan sekitar 90%nya masih eksis hingga saat ini. Pertumbuhan murid per tahunnya tidaklah besar, sekitar 2%. Saat ini murid Sekolahalam Minangkabau mencapai 53 orang, dengan persentase murid yang berasal dari keluarga tidak mampu sekitar 60%.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.