Belajar Siaga

Bencana Gempa Bumi dan Tsunami memang tidak dapat dipastikan kapan akan terjadi dan dimana lokasinya, namun resiko yang dapat ditimbulkan akibat bencana tersebut dapat dikurangi / diperkecil. Salah satunya dengan informasi / peringatan dini dari pihak terkait yang dapat di akses dengan mudah dan cepat oleh segenap masyarakat.

 

Peta Evakuasi sekolahalam minangkabau

Bencana gempa bumi dan tsunami memang tidak dapat dipastikan kapan akan terjadi dan dimana lokasi akan terjadi, namun korban yang berjatuhan akibat bencana tersebut dapat diminimalisir, baik itu dengan informasi, pengetahuan, ataupun peringatan dini atas bencana tersebut.

Melihat daerah sumatera barat dan pesisir barat sumatera yang pernah diterjang badai bencana gempa bumi dan tsunami, ada baiknya sekolah melakukan persiapan siaga bencana. Dalam hal ini sekolahalam berusaha untuk melatih para murid dan fasilitator serta para orang tua untuk siaga terhadap bencana yang kerap mengintai daerah sumatera barat.

Adapun kegiatan yang dilakukan, adalah mencoba rute-rute evakuasi, simulasi-simulasi, pelatihan dan diskusi mengenai penanganan bencana dan penanganan anak-anak saat bencana terjadi. Kegiatan ini bukan bertujuan untuk berharap bencana akan datang menimpa sumatera barat., tapi hanya melatih kesiapan para fasilitator dan anak-anak di sekolahalam minangkabau dalam menghadapi bencana.

salam siaga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s