Sejatinya Lomba Itu ….. (catatan kecil lomba mewarnai)

lomba menggambar dan mewarnai TK dan SD memperingati hari senin :D 

maka berbondong-bondonglah orang datang mendaftarkan anaknya, muridnya bahkan tantenya, kakaknya kadang juga ibunya.

lomba diatas sering kita temui di kota padang ini, bahkan sangat sering tiap-tiap instansi, sekolah dan komunitas mengadakan kegiatan lomba menggambar dan mewarnai.

Pernahkah rekan-rekan dan pembaca yang budiman memperhatikan atau mengikuti lomba tersebut, sejatinya yang namanya lomba adalah proses untuk menunjukkan kemampuan yang telah dilatih dari peserta yang mengikuti lomba. Dimana nantinya setiap peserta akan mengetahui seberapa kemampuan dirinya untuk mengekspresikan dan mengaplikasikan apa yang telah mereka pelajari dalam dunia belajar menggambar dan mewarnai.

Namun  sejatinya lomba tersebut terkadang tercoreng dalam aplikasi diperlombaan tersebut, pernahkah melihat orang tua dari peserta yang sering berteriak teriak apabila warna yang diberikan anaknya tidak sesuai dengan apa yang mereka pikirkan (orangtua), atau saat warna yang diberikan keluar dari garis gambar yang telah disediakan.. !!

Alif

Sementara anak, mereka pasti berharap dapat membahagiakan orangtua mereka dengan kemampuan yang mereka miliki, dan anak berharap mereka dapat menikmati lomba dengan menyenangkan. Apakah kita berharap agar anak kita akan terus takut apabila mengikuti lomba ?

Melihat kejadian seperti itu sejatinya orang tua lah yang sebaiknya mengikuti lomba, atau sebaiknya penyelenggara lomba menggambar dan mewarnai sebaiknya menyediakan pendaftaran untuk para orang tua agar mereka juga bisa ikut merasakan euphoria dari lomba😀

well.. sejatinya intimidasi, teriakan, celotehan, bahkan cemoohan bagi anak disaat lomba diberikan disaat mereka latihan, dukung lah anak dengan semangat disaat mereka berlomba. Sementara saat latihan, berikan latihan terberat agar mereka bisa mengetahui batas-batas kemampuan dan akhirnya dapat mengkoreksi dan mengembangkan kemampuan.

Dan pada akhirnya semua pun berharap di akhir perlombaan akan hadir senyum dan persahabatan

fasilitator dan peserta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s