Alek Minangkabau #2

Kemarin Kamis, 12 Februari 2015, sekolahalam minangkabau (sam) mengadakan alek (pesta) minangkabau untuk kedua kalinya. Kegiatan Alek Minangkabau ini dilaksanakan 2 kali dalam setahun di tiap-tiap semester, untuk memperkenalkan seni dan budaya tradisi minangkabau kepada siswa-siswi dan orang tua/wali murid sekolahalam.

Alek Minangkabau kali ini terlihat sangat istimewa, sam mengundang Budayawan Minang Mak Katik Musra Dahrizal (Pemeran Angku Datuak dalam Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk. 2013) sebagai panelis dalam diskusi. Banyak orang tua/wali murid tampak antusias menyimak dan mengajukan pertanyaan tentang ceramah adat yang beliau sampaikan.

DSC_5511
Mak Katik dalam Diskusi Adat di sekolahalam minangkabau, bersama Pak Ade Rahadian

Palajaran nan pokok sabalum nan lain dipalajari adolah adaik, dalam bahaso lainnyo budi pekerti jo tingkah laku,” ungkap Mak Katik. Beliau mengatakan bahwa sebelum anak menguasai pelajaran yang lain, maka anak didik mestilah diajarkan dengan kebiasaan dan perilaku yang baik. Hal itu dapat diterapkan bila pendidikan ditopang dengan permainan. Permainan Patok Lele, Main Benteang, Batu Tujuah, Kuciang Mandok, dan permainan tradisional lainnya dapat membentuk karakter si anak untuk menjadi pribadi-pribadi yang berpekerti luhur. Syukurlah permainan-permainan demikian dengan sangat lestarinya tetap diajarkan di sekolahalam minangkabau.

Mak Katik juga menambahkan, bila anak meminta uang jangan pernah langsung memberikannya ke tangan si anak, letakkan di meja atau di tempat yang agak jauh dari si anak, agar si anak juga punya usaha untuk mendapatkan uang. “Ini adalah pendidikan dasar tentang berusaha”, papar Mak Katik.

Selain Diskusi dan Ceramah Adat, Alek Minangkabau #2 juga menampilkan kebolehan siswa-siswi sekolahalam minangkabau dalam seni tari, tarik suara dan prosesi adat malam bainai. Berikut beberapa kegiatan yang terekam oleh kamera dokumentasi :

DSC_5529
Nak Gadih Rancak
DSC_5554
Euforia siswa-siswi TK dan SD 1 sekolahalam minangkabau setelah penampilan nyanyi bersama
DSC_5566
Delima dan Seruni memperlihatkan inai yang telah ditumbuk. Inai akan dipakai untuk acara adat Malam Bainai

2 respons untuk ‘Alek Minangkabau #2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.