Hari Olah Raga Nasional

PAKASAM — Pekan Olahraga Sekolahalam Minangkabau, energy of anak nagari

Untuk memperingati 35 tahun Hari Olahraga Nasional dan masih dalam semangat Asian Games 2018, sekolahalam minangkabau turut memeriahkan event besar ini dalam wujud Pekan Olahraga Sekolahalam Minangkabau, yang akan dilaksanakan pada tanggal 3-7 September 2018. Peserta untuk PAKASAM adalah siswa SD dan SL sekolahalam minangkabau. Mereka akan dibagi menjadi 5 kelompok besar. Penamaan kelompok kontingen ini menggunakan tema Benua, antara lain : Benua Asia, Benua Eropa, Benua Afrika, Benua Amerika, dan Benua Australia. Masing-masing kelompok harus menampakkan ciri khas dari masing-masing benua pada saat parade pembukaan nanti.

Cabang olahraga yang akan dilombakan ada 2 jenis, antara lain olahraga internasional dan olahraga tradisional. Olahraga internasional yaitu olahraga yang sudah mendunia, yang biasa diperlombakan pada event-event dunia, seperti : bulu tangkis, sprint, senam, sepak bola, dan lompat jauh. Sedangkan Olahraga tradisional yaitu olahraga yang bersifat tradisi atau kebiasaan masyarakat setempat tetapi sarat dengan nilai-nilai dan filosofi dari Budaya Alam Minangkabau, seperti : Main cak bur, Sepak Tekong, Main Karet, Kotak 9, dan Patok Lele. Kegiatan ini secara resmi akan dibuka oleh Ketua Yayasan Pelita Aksara, Pak Akhiro Murio.

Bagaimanakah aksi para kontingen dari berbagai benua pada Pekan Olahraga Sekolahalam Minangkabau? Anda penasaran? Nantikan pada cerita selanjutnya, ya…!

Salam Olahraga

 

Oleh Srimutia Elpalina

 

 

SAM13-5

 

kunjungi tautan dibawah untuk :

TIKET GRATIS ALEK MINANGKABAU #7

sekolahalam minangkabau (antaranews.com)

sekolahalam minangkabau (antarafoto.com)

sekolahalam minangkabau (mertotvnews.com)

sekolahalam minangkabau (tempo.co)