PAUD

Program

Di dalam kurikulum PAUD sekolahalam minangkabau, penggabungan antara dimensi Intelegensi, Emosional dan Spiritual sangat dikedepankan. Setiap kegiatan pembelajaran dan aktivitas kelas haruslah mengandung tiga unsur ini : IQ, EQ, dan SQ. Dimensi IQ dihubungkan dengan kecerdasan majemuk (Falsafah Ilmu Pengetahuan), sedangkan dimensi EQ dihubungkan dengan pengenalan konsep diri siswa (Leadership), dan dimensi SQ dihubungkan dengan sikap-sikap positif yang akan ditanamkan dalam setiap diri siswa (Akhlaqul Karimah).

Terdapat Sembilan kecerdasan majemuk (linguistik, logika, visual-spasial, musikal, kinestetik, naturalis, interpersonal, intrapersonal dan spiritual) yang kemudian dikemas ke dalam program-program yang sesuai dengan aspek-aspek pengembangan sebagai berikut:

1. Pengembangan moral dan nilai-nilai agama
2. Pengembangan motorik
3. Pengembangan bahasa
4. Pengembangan kognitif dan logika
5. Pengembangan personal, sosial & emosional
6. Pengembangan seni

Dengan menggunakan sistem integrasi kontekstual maka pembelajaran PAUD sekolahalam minangkabau disajikan dalam bentuk tematik. Di dalam program PAUD sekolahalam minangkabau tidak terdapat muatan BACA TULIS BERHITUNG (calistung), melainkan lebih menitikberatkan pada pengembangan karakter dan konsep diri siswa. Idealnya, Calistung mulai diberikan pada siswa usia 7 tahun (kelas 1 Sekolah Dasar). Maka dari itu, materi pembelajaran PAUD sekolahalam minangkabau telah disesuaikan dengan aspek-aspek pengembangan di atas dan dikemas dalam bentuk aktivitas–aktivitas yang menyenangkan sebagai berikut :

1. Permainan Dalam dan Luar Ruangan
Permainan yang menyenangkan dapat dilakukan di dalam dan di luar ruang. Dan aktivitas ini dilaksanakan dalam berbagai macam model seperti permainan fisik, permainan dengan lagu, permainan dengan lembar kerja, dan lain sebagainya, yang disesuaikan dengan perkembangan psikologis anak-anak usia dini.
2. Observasi/Penelitian Sederhana
Aktivitas lain adalah melakukan observasi atau penelitian sederhana di lingkungan sekolah. Seperti mengamati warna tanaman, binatang-binatang yang ada di sekitar sekolah, dan lain sebagainya. Dengan aktivitas seperti ini, anak-anak diajak untuk mulai berpikir ilmiah sederhana dengan mengungkapkan “mengapa begini dan mengapa begitu?” sesuai dengan perkembangan psikologis usia dini yang cenderung mempunyai rasa ingin tahu yang sangat tinggi.
3. Percobaan Sederhana
Anak-anak usia dini cenderung suka mencoba-coba. Dengan aktivitasaktivitas percobaan sederhana, anak-anak difasilitasi untuk memuaskan rasa ingin tahunya dan menemukan jawaban dari apa yang mereka ingin tahu dengan sendirinya.
4. Kunjungan Pustaka
Motivasi untuk mencintai membaca sebagai cara untuk menempuh jembatan ilmu haruslah ditanamkan sejak dini. Untuk itu kegiatan mengunjungi pustaka dengan aktivitas seperti Story Telling, Membuat Buku, dan lain-lain, adalah salah satu metode yang cukup efektif hingga saat ini. Selain itu siswa pun wajib meminjam buku untuk dibawa pulang minimal satu kali seminggu untuk dibacakan oleh orang tua atau kakaknya, dan menceritakan isi buku tersebut ketika sampai di sekolah.
5. Berkebun
Sejak dini, anak-anak diajak untuk peka terhadap lingkungan dan alamnya. Melalui aktivitas berkebun yang meliputi menanam benih, merawat dan membersihkan kebun serta memanen, anak-anak diajak untuk belajar sabar, teliti, mandiri, berani, ikhlas dan bersyukur.
6. Penggunaan Teknologi
Pemanfaatan teknologi sebagai media aktivitas pembelajaran seperti penggunaan komputer, piranti audio visual televisi, pemutar CD dan DVD, radio, juga penting di zaman serba teknologi seperti saat ini yang sudah banyak menyediakan beragam program untuk memfasilitasi aktivitas penggunaan teknologi bagi anak-anak usia dini.
7. Kunjungan Lapangan (Field Trip)
Kunjungan langsung ke lapangan atau Field Trip merupakan salah satu aktivitas TK dan PAUD sekolahalam minangkabau sehingga anak-anak melihat, mengamati dan mendapatkan pengalaman langsung dari obyek. Seperti kunjungan ke Stasiun Kereta Api, Pelabuhan dan Bandara, tempat pembuatan Tepung Beras, Supermarket, dan lain sebagainya.
8. Kegiatan seni dan keterampilan
Menyanyi, membuat hasil karya seni, seni rupa, seni musik dan seni tari merupakan aktivitas-aktivitas yang terlingkup dalam kegiatan seni dan keterampilan. Kegiatan ini dapat juga dilakukan dalam bentuk permainanpermainan seperti pada poin No. 1 di atas.
9. Leadership Activities (Outbound)
Aktivitas ini merupakan aktivitas yang dapat merangsang jiwa kepemimpinan (leadership), kerjasama, percaya diri dan toleransi pada siswa.

Jenjang Pendidikan PAUD sekolahalam minangkabau

Play Group : anak-anak usia 3 hingga 4 tahun

TK-A : anak-anak usia 4 hingga 6 tahun

TK-B : anak-anak usia 6 hingga 7 tahun

Jadwal Sekolah

Berikut adalah jadwal-jadwal sekolah yang perlu diketahui oleh orangtua. Mohon anak-anak diantarkan lebih cepat dari jadwal masuk, dijemput tepat waktu dan pastikan anak-anak mempunyai snack serta makan siang sebelum waktu makan mereka.

Jadwal/Jenjang Kelompok Bermain TK A & TK B
Masuk 08.30 08.30
Snack 09.00 09.00
Makan siang 11.00 11.00
Pulang 12.00 12.00

Laporan Hasil Belajar Siswa

Semua fasilitator diharuskan secara terus-menerus mencatat kemajuan pembelajaran siswa dengan menggunakan teknik penilaian yang tidak terbatas dari hasil tes semata. Hasilnya adalah beberapa bentuk laporan yang lazim dikenal dalam dunia pendidikan Indonesia. Setiap pengambilan rapor harus dijemput oleh orangtua karena bersamaan dengan jadwal laporan lisan (konsultasi).

Di bawah ini adalah berbagai bentuk laporan yang digunakan sekolahalam minangkabau untuk jenjang PAUD yang diklasifikasikan dengan pembagian semester yang dibagi ke dalam termen dengan durasi minggu efektif 7-8 minggu per termennya. 

 

Pembagian semester

Jenis laporan

Keterangan

Termen 1

Porto folio

Laporan berbentuk lembar kerja/hasil karya siswa.

Termen 2

Porto folio

Laporan berbentuk lembar kerja/hasil karya siswa.

Termen 3

Narasi

Laporan berbentuk tulisan berdasarkan observasi.

 

SAM13-5

kunjungi tautan dibawah untuk :

TIKET GRATIS ALEK MINANGKABAU #7

Tentang Jaringan Sekolah Alam Nusantara

sekolahalam minangkabau (antaranews.com)

sekolahalam minangkabau (antaranews.com)

sekolahalam minangkabau (antaranews.com)

sekolahalam minangkabau (antarafoto.com)

sekolahalam minangkabau (mertotvnews.com)

sekolahalam minangkabau (tempo.co)

sekolahalam minangkabau (harianhaluan.com)