Sekolah Dasar

Mata Pelajaran

Berdasarkan kerangka dasar kurikulum yang telah ditetapkan dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan SD sekolahalam minangkabau, yang telah disesuaikan dengan undang-undang yang berlaku, maka mata pelajaran yang disuguhkan di SD sekolahalam minangkabau untuk kelas 1-6, yaitu:

Kelompok Mata
Pelajaran

Mata Pelajaran Wajib

Muatan Lokal/Ekstra Kurikuler

Untuk Kelas 1-6

Untuk Kelas 1-6

Agama dan
Akhlak Mulia
  •  Pendidikan Agama Islam
  • ·Baca Tulis Al-Qur’an
Kewarganegaraan
dan Kepribadian
  • Pendidikan
    Kewarganegaraan
  • Ilmu Pengetahuan Sosial
  • Hari Balai
  • Budaya Alam Minangkabau
    (BAM)
Ilmu
Pengetahuan dan
Tekhnologi
  • Ilmu Pengetahuan Alam
  • Matematika
  • Pertanian
  • Teknologi Informasi dan
    Komunikasi (TIK)
Estetika
  • Bahasa Indonesia
  • Seni Rupa (Photography &
    Videography)
  • Seni Musik
  • Randai
  • Literasi
Jasmani,
Olahraga dan
Kesehatan
  • Pendidikan Jasmani
  • Leadership (Outbound)

Pembelajaran sepanjang tahun dibagi menjadi 2 semester dan setiap semester dibagi menjadi 3 termen dengan durasi 6-8 minggu per termen. Dalam satu minggu siswa belajar selama 5 hari, mulai dari pukul 07.30 WIB hingga 13.30 WIB untuk kelas 1-2 dan 15.00 WIB untuk kelas 3-6.

Beberapa hari dalam seminggu terdapat tambahan muatan lokal dan ekstra kurikuler untuk semua kelas dengan waktu selesai yang bervariasi. Sepanjang hari dibagi menjadi beberapa jam pelajaran dengan durasi 45 menit per jam pelajaran. Maka jumlah jam pelajaran setiap harinya adalah 8 jam pelajaran (termasuk jam istirahat) untuk kelas 1-2 dan 10 jam pelajaran (termasuk istirahat) untuk kelas 3-6. Garis besar jadwal pertemuan diatur seperti yang tertera dalam tabel di bawah ini :

Jam Ke

Waktu/Kelas

Durasi

SD 1-2

SD 3-6

1

07.30 – 07.45

15 m

Do’a Bersama & Senam Pagi

07.45 – 08.15

30 m

Gotong Royong
2

08.15 – 09.00

45 m

Baca Tulis Al-Qur’an
3

09.00 – 09.45

45 m

Snack Time & Free Play
4

09.45 – 10.30

45 m

Tematik
5

10.30 – 11.15

45 m

Tematik
6

11.15 – 12.00

45 m

Tematik
7

12.00 – 12.45

45 m

Lunch Time
8

12.45 – 13.30

45 m

Shalat Zhuhur Berjama’ah & Kultum
9

13.30 – 14.15

45 m

Ekstra Kurikuler
10

14.15 – 15.00

45 m

 

Kelas 1-2

Sistem pembelajaran di kelas 1-2 menggunakan sistem tematik (integrasi kontekstual), di mana semua mata pelajaran wajib dan muatan lokal terintegrasi dengan tema yang telah ditentukan oleh Fasilitator Kelas melalui sebuah kegiatan. Setiap kegiatanberkaitan dengan pembentukan akhlak/budi pekerti (SQ/Akhlaqul Karimah), leadership (EQ) dan dasar ilmu pengetahuan (IQ/Falsafah Ilmu Pengetahuan). Karena bersifat tematik maka materi pembelajaran tidak diberi label mata pelajaran seperti Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, dan lainnya. Seluruh kegiatan dilaksanakan di dalam dan di luar ruangan, dengan bentuk kegiatan seperti kunjungan lapangan (outing), leadership activities, berkebun, berdagang (Hari Balai), audio visual (AV), kunjungan pustaka dan lainnya.

Hal pertama yang dilakukan terhadap siswa di awal masa sekolahnya di SD sekolahalam minangkabau adalah penjelajahan konsep dirinya sendiri melalui diskusi, motivasi dan mentoring oleh fasilitator. Setelah pengenalan konsep diri selesai maka siswa bergabung penuh dengan kelasnya. Tujuan akhir materi yang diberikan di kelas 1-2 adalah siswa mampu menguasai dasar-dasar menulis, membaca dan berhitung.

Kelas 3-6

Sebelum masuk ke materi pembelajaran, siswa terlebih dahulu difasilitasi untuk menjelajah dirinya sendiri. Kegunaan dari kegiatan ini agar siswa mengenal konsep dirinya, dapat mengontrol emosi, dan mengelola dirinya. Seperti dengan Kelas 1-2, ruang lingkup pembelajaran di kelas 3-6 adalah Akhlaqul Karimah, Leadership dan Falsafah Ilmu Pengetahuan. Sistem pembelajaran untuk kelas 3-6 menggunakan sistem tatap muka per mata pelajaran yang diatur dengan lebih fleksibel dan difasilitasi oleh satu orang fasilitator kelas, kecuali untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Materi belajar masih sesuai dengan Kurikulum Nasional, hanya saja dipersingkat waktu dan teknisnya dengan mempelajari yang berhubungan dengan kisi-kisi Ujian Sekolah. Khusus kelas 6, materi pembelajaran lebih banyak pengulangan materi pembelajaran dari kelas-kelas sebelumnya dan persiapan ujian bagi yang menempuh jalur Ujian Nasional. Persiapan itu dimulai sejak semester 1 di tingkat kelas 6.

Pengembangan Diri

Kelas pengembangan diri dibuka untuk menyalurkan bakat siswa di luar proses pembelajaran yang telah dijadwalkan. Kegiatan akan dilaksanakan pada hari biasa sepulang sekolah, dan juga pada hari Sabtu serta Minggu agar waktu yang tersedia lebih banyak dan proses menjadi lebih efisien. Jenis kegiatan yang disediakan akan disesuaikan tergantung dengan kesiapan SDM, sebisa mungkin kelas-kelas yang akan buka setiap tahunnya. Pihak sekolahalam minangkabau akan mensosialisasikannya kepada siswa dan orang tua nantinya.

Kelas pengembangan diri ini tidak bersifat wajib, maka dari itu bagi yang mendaftar akan dipungut biaya yang wajar, yang dialokasikan untuk segala kebutuhan per kelasnya. Adapun kelas-kelas Pengembangan Diri yang telah dibuka antara lain:

1. Randai (wajib bagi kelas 3-6 untuk mengasah seni tari dan
musik, serta rangkaian dari pembelajaran Budaya Alam Minangkabau)
2. Panahan (tidak wajib)
3. Silat (tidak wajib)

Sementara untuk kelas yang akan dibuka dalam waktu dekat adalah:
1. Singing Class
2. Photography
3. Literacy Class
4. Palang Merah Remaja

Pelaporan Hasil Belajar Siswa

Semua fasilitator untuk secara terus menerus memberikan penilaian kepada siswa dengan mencatat kemajuan/kemunduran pembelajaran yang diperlihatkan siswa dengan menggunakan beberapa teknik penilaian yang tidak terbatas dari hasil tes semata. Bentuk pelaporan yang diberikan sesuai dengan pelaporan yang lazim dikenal dalam dunia pendidikan Indonesia. Setiap pengambilan rapor harus dijemput oleh orang tua karena bersamaan dengan jadwal diskusi perkembangan siswa/pelaporan lisan. Dibawah ini adalah berbagai bentuk pelaporan yang digunakan sekolahalam minangkabau untuk jenjang SD, yang diklasifikasikan dengan pembagtian semester yang di bagi ke dalam termen dengan durasi minggu efektif 7-8 minggu/termennya.

Pembagian
Semester

Jenis Pelaporan

Keterangan

Termen I

Narasi

Laporan berbentuk
tulisan berdasarkan hasil

Termen II

Portofolio

Laporan berbentuk
lembar kerja siswa

Termen III

Narasi (versi diknas)

Laporan berbentuk
nilai angka dan huruf